Pages

5 Pasukan Elit Terhebat Di Indonesia

Bookmark and Share
    Sebagai negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang banyak, keberadaan militer untuk menjaga pertahanan dan kesatuan negara Indonesia tentu sangat diperlukan. Di Indonesia terdapat Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Dalam tubuh TNI sendiri terdapat berbagai pasukan elit seperi Kopaska, Paskhas, Kopassus dan masih banyak lagi lainnya. Setiap pasukan elit memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan kemampuan pasukan biasa. Artikel berikut akan mengupas 5 Pasukan Elit Terhebat Di Indonesia.


1.      Satuan Penanggulangan Teror (Sat Gultor) 81 Kopassus


Pasuka Elit Indonesia
Sat-81 Gultor Kopassus - pic by teguh22

     Salah satu pasukan elit kebanggaan Indonesia adalah Sat Gultor 81 Kopassus. Satuan elit ini terbentuk pada awal tahun 1980-an ketika insiden pembajakan pesawat marak terjadi pada era tahun 1970-an hingga 1980-an. Berdirinya Den-81 ini tidak terlepas dari peristiwa pembajakan pesawat Garuda DC-9 Woyla di Bandara Don Muang, Bangkok, Thailand pada 31 Maret 1981. Pasukan elit yang dikirim untuk misi pembebasan dalam peristiwa pembajakan inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Den-81 dan kemudian diganti namanya menjadi Satuan 81 Penanggulangan Teror (Sat-81 Gultor). Sat-81 Gultor ini bertugas dalam melakukan tugas anti terror di berbagai medan, mulai dari gedung, bus, kapal laut, pesawat, hingga hutan belantara sekalipun. Salah satu misi Sat-81 Gultor yang terbilang berhasil yakni pembebasan 26 orang sandera tawanan GPK Kelly Kwalik di tanah Papua pada 15 Mei 1996. Namun keberhasilan yang paling diingat dalam sejarah yakni operasi pembebasan pembajakan pesawat Garuda di Bangkok.



2.      Denjaka (Detasemen Jala Mangkara)
Pasukan elit TNI
Denjaka - pic by teguh22

       Denjaka atau Detasemen Jala Mangkara merupakan detasemen pasukan khusus TNI-AL yang dibentuk berdasarkan instruksi Panglima TNI kepada Komandan Korps Marinir No Isn.01/P/IV/1984 tanggal 13 November 1984. Denjaka sendiri merupakan penggabungan antara personel Kopaska dan Taifib Korps Marinis TNI Angkatan laut yang berada di bawah payung TNI Angkatan Laut. Denjaka sendiri memiliki peran penting dalam menjaga wilayah perairan nusantara Indonesia dan bertugas sebagai anti terror dan anti sabotase di laut dan wilayah pantai. Para anggota Denjaka dididik dan dilatih di Bumi Marinis Cilandak dalam sebuah pendidikan PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Kemampuan yang mereka miliki inilah yang akan dipakai untuk menanggulangi terror di laut.



3.      Tontaipur (Peleton Intai Tempur)

5 Pasukan elit terhebat di Indonesia
Tontaipur Indonesia - pic by klimg

     Peleton Intai Tempur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tontaipur ini merupakan pasukan elit Kostrad yang baru brdiri pada tanggal 4 Agustus 2001 silam. Pasukan Tontaipur bertugas melakukan misi pengintaian jarak jauh dalam ke dalam wilayah musuh dan melakukan penghancuran target-target penting musuh. Kemampuan personel Tontaipur tidak perlu diragukan lagi karena mereka memiliki kemampuan sama baiknya baik di darat, laut maupun udara. Tugas pertama yang diemban Tontaipur adalah memberantas gerakan separatis Gerakan Aceh Merdeka di bumi Nanggroe Aceh Darusalam.



4.      Raider

Pasukan Elit terhebat di Indonesia
Batalyon Raider - pic by abangdetak

    Salah satu pasukan elite kebanggaan Indonesia adalah Raider. Batalyon Raider merupakan pasukan elit milik infanteri TNI. Pada 22 Desember 2003, sepuluh batalyon raider resmi didirikan dimana merupakan penggabungan 8 yonif pemukul Kodam dan 2 yonif Kostrad. Kekuatan satu batalyon raider sama dengan tiga kali lipat kekuatan yonif (batalyon ifanteri) biasa dalam tubuh TNI. Para anggota raider memperoleh pendidikan dan pelatihan khusus selama enam bulan untuk kemampuan dalam perang modern, anti-gerilya dan perang berlarut. Selain itu, para raider dilatih pula untuk melakukan terjun dari helicopter, kemampuan anti-teror dan kemampuan melakukan penyergapan. Keahlian mereka tiga kali lipat kemampuan yonif biasa. Sebagai informasi tambahan, satu batalyon terdiri dari 747 prajurit. 50 orang prajurit dari 747 personel tersebut memiliki kemampuan lebih dari rekan-rekannya. Kemampuan tersebut diasah secara khusus di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus di Batujajar, Jawa Barat.


5.      Den-Bravo 90
Pasukan Elit Indonesia
Den Bravo 90 - pic by militaryzone

       Pasukan elit Den-Bravo 90 atau Detasemen Bravo 90 dibentuk pada tahun 1990 dalam lingkungan Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara merujuk pada buah pemikiran Jenderal Guilio Douchet. Kata “Bravo” sendiri brarti yang terbaik. Tentu sebutan ini dipandang sangat cocok mengingat peran vital Den-Bravo 90 dalam menjalankan tugas negara. Den-Bravo 90 memiliki tugas utama menghancurkan kekuatan udara musuh dengan jalan menghancurkan pangkalan serta peralatan tempura tau alutsista lawan di darat ketimbang harus melakukan pertempuran udara. Untuk itu pula tugas spionase kekuatan udara musuh, melakukan penetralan kekuatan udara lawan serta menjalankan operasi-operasi khusus sesuai kebijakan yang dikeluarkan petinggi militer TNI dalam hal ini Panglima TNI.




Itu tadi 5 Pasukan elit terhebat di Indonesia. Kelima pasukan elit ini menjadi tumpuan masyarakat Indonesia dalam menjaga pertahanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penilaian dan urutan bukan menjadi ukuran tingkat kemampuan, tetapi lebih dari itu, kelima pasukan khusus ini telah banyak memberikan pengabdian bagi tanah air tercinta. Bila Anda memiliki komentar berbeda, silahkan tinggalkan komentar Anda di kotak komentar di bawah ini. :)


                                                       * * * * * * * *

Dari berbagai sumber





{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar